Meditasi Itu Apa?

Sebelum menjawab pertanyaan apa itu meditasi, perkenankan gw untuk mendefinisikan meditasi tanpa definisi dari KBBI.

Pada dasarnya, meditasi itu aktivitas mental manusia untuk menyadari siapa dirinya sendiri secara radikal. Untuk menyadari siapa diri sendiri tentu perlu kesadaran, setiap manusia memiliki kesadaran bagi dirinya sendiri, karena ada sebagian manusia yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kesadaran, maka dalam hal ini, meditasi dapat membantu manusia untuk menyadari dirinya sendiri.

Dengan kesadaran, manusia mampu membedakan antara ilusi dan kenyataan, kenyataan yang saya maksudkan disini adalah sesuatu yang bekerja secara mekanis deterministik seperti halnya dengan kehancuran tubuh setelah ia menjalani proses kehidupan yang ada disini dan saat ini.

Untuk mencapai kesadaran, manusia perlu untuk mengenali terlebih dahulu pikirannya sendiri. Jika manusia belum mengenali pikirannya sendiri, maka manusia tidak akan pernah mampu mencapai kesadaran yang sejati. Bahwasanya, boleh dikatakan bahwa segala persepsi kita, perasaan kita, harapan kita, adalah ciptaan dari pikiran kita, termasuk penilaian kita terhadap segala hal, apapun itu.

Singkatnya, meditasi itu untuk melepaskan diri dari segala penderitaan atas pikiran yang selama ini membuat kita seringkali merasakan penderitaan, karena kita terkadang menganggap apa yang kita rasakan adalah kenyataan yang sebenarnya dan apa yang kita lihat adalah kenyataan yang sebenarnya. Semua yang berubah itu hanyalah ilusi dari bentukan pikiran kita sendiri.

Tapi meditasi dalam praktiknya bermacam-macam, tapi gw memilih untuk mempelajari filsafat zen untuk memahami diri sendiri secara mandiri. Udah itu aja

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram